Macam-macam Bunga Mawar di Indonesia

Macam-macam bunga mawar itu sangat banyak sekali di temukan di Indonesia dan di dunia. Mulai dari Wild rose/mawar liar, Old garden Roses, Climbing Roses dll. Semua mawar ini juga dapat anda temukan di took-toko bunga di Indonesia. Macama-macam bunga mawar ini tidak semuanya bias kita temukan di daerah-daerah kita. Karena, sarat sebuah mawar hidup itu tergantung suatu ketinggian tempat (dataran tinggi/rendah) dan kondisi iklim. Bunga mawar itu termasuk tanaman tahunan (genus Rosadan kelas Dicolylodonae) mawar juga termasuk jenis tanaman hias yang sangat popular dan sudah lama pula dibudidayakan di Indonesia karena ) mawar juga termasuk jenis tanaman hias yang sangat popular dan sudah lama pula dibudidayakan di Indonesia karena haraga dan peminatnya sangat tinggi. Berikut ini macam-macam bunga mawar:

Macam-macam bunga mawar

  1. Bunga Mawar Talitha

    macam-macam bunga mawar
    Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna orange. Panjang tangkainya 50-83 cm dengan diameter bunga mekar 8 cm. Permukaan daunnya bergelombang. Produksi bunga jenis ini1,7-1,8 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 7-9 hari.
  2. Bunga Mawar Shananda

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna pink cerah (bright pink), red purple group 66A. Panjang tangkainya 45-60 cm dengan diameter bunga mekar 9-11 cm. Produksi bunga jenis ini1,2-1,6 tangkai. Kesegaran bunga dalam vas dapat bertahan hingga 5-8 hari.
  3. Bunga Mawar Pertiwi

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan warna merah muda (red purple group 65D). Panjang tangkainya 5,65-7,54 cm dengan diameter bunga mekar 8,84-9,01 cm dan durinya sedikit. Mawar macam ini tahan tanpa naungan.
  4. Bunga Mawar Megawati

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini merupakan macam mawar potong dengan permukaan daun bergelombang. Produksi bunga jenis ini1,3-1,7 tangkai dengan diameter bunga 9-11 cm, panjang tangkai 48,89-73,00 cm. Bunga dapat tetap segar dalam vas sampai 6-8 hari.
  5. Bunga Mawar Putri

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini termasuk macam mawar potong dengan jenis ganda. Permukaan daun bergelombang berwarna merah tua (dark red)/red group 46A. Produksi bunga jenis ini1,4-1,6 tangkai dengan panjang tangkai 55-105 cm dan diameter bunga 9,5-11,5 cm. Aroma bunga agak wangi dan kesegarannya dalam vas dapat bertahan hingga 8-9 hari.

  6. Bunga Mawar Fortuna

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini merupakan macam mawar potong yang termasuk jenis bunga ganda. Permukaan daunnya bergelombang dan aramonya agak wangi. Panjang tangkainya 47-75 cm . Mawar macam ini berdiameter bunga mekar 8,5-9,5 cm. Kesegaran bunga bertahan hingga 5-8 hari.

  7. Bunga Mawar Rosmarun

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini termasuk jenis bunga ganda. Mawar macam ini berdiameter bunga kuncup 1,35 cm, diamater bunga mekar 4,37 cm serta aromanya sedikit wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 56,33 hari.
  8. Bunga Mawar Rosanda

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini termasuk jenis bunga ganda dengan warna bunga unik dan menarik. Di bagian depan orange red group 35D, bagian belakang red group 49D. Mawar macam ini berdiameter bunga kuncup 0,90 cm, diamater bunga mekar 2,54 cm serta aromanya wangi. Kesegaran bunga lebih lama, terutama bunga dalam pot yaitu 43,63 hari.
  9. Bunga Mawar Cipanas Dwi Warna

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini merupakan mawar taman jenis bunga ganda dengan warna red purple group 68 D dan 61 C. Panjang tangkainya 4,1-5,1 cm dengan diameter bunga mekar 8,5-8,9 cm. Jumlah bunga/tanaman/ bulan 1,4-2,9 kuntum. Mawar macam ini memiliki adaptasi luas.
  10. Bunga Mawar Mega Putih

    macam-macam bunga mawar

    Bunga mawar macam ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda dengan bentuk tepi petal bunga keriting. Jumlah petal 104-138 helai. Mawar macam ini memiliki tangkai bunga (neck length) kokoh sepanjang 7-8 cm, panjang tangkai total 47-85 cm. Ukuran bunga ini tergolong besar dengan diameter 9-12 cm. Diameter bunga kuncup 2,12-2,15 cm. Aroma bunga sedikit wangi (light fragrance). Kesegaran bunga 7-9 hari.

Beriku manfaat dari bunga mawar: 

1.  Antidepresen
2.  Antiviral
3.  Antibakteri
4.  Antiperadangan
5.  Sumber vitamin c
6.  Minyaknya bisa dibuat parfum, bias juga dibuat
7.  Teh
8.   Jelly

Bunga mawar  juga sering dibuat objek-objek lukisan oleh pelukis-pelukis. Di Perancis ada seorang pelukis terkenal bernama Pierre Joseph Redoute dia terkenal dengan lukisan-lukisan spesies bunga mawar yang dilukis sang teliti. Mungkin ada beberapa macam bunga mawar  yang tidak dicantumkan disini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar